1.
PENDAHULUAN
Sistem informasi yang
lengkap dalam suatu perusahaan dapat terdiri dari infrastruktur jaringan,
perangkat keras (hardware), software aplikasi-aplikasi seperti, sistem
informasi akuntansi dan keuangan, sistem pengawasan persediaan barang
(inventory control), serta sistem dan aplikasi lainnya yang saling mendukung
dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan.
Infrastruktur jaringan
computer meliputi sistem transmisi dan distribusi data dari computer utama
(server) ke semua komputer (client) dalam jaringan lokal, atau yang disebut
LOCAL AREA NETWORK (LAN). Semua peralatan jaringan dan hardware lain seperti,
hub-switch, modem dan router internet yang berfungsi dalam jaringan kerja
tersebut.
Hardware dalam jaringan
meliputi komputer (PC), notebook, berikut perlengkapan lainnya seperti printer,
scanner, dan lainnya. Software aplikasi meliputi sistem operasi pada komputer
server dan komputer client, software aplikasi umum perkantoran (office
applications) lain seperti, Microsoft office, Autocad, aplikasi Internet dan
Email, dan software aplikasi khusus yang digunakan sebagai penunjang
berlangsungnya bisnis perusahaan seperti, sistem akuntasi keuangan, dan system
persediaan barang.
Setelah sistem informasi
tersebut berjalan dalam perusahaan, adalah tugas penting untuk memeliharan dan
memonitoring sistem tersebut agar selalu berjalan dengan baik. Secara rutin
harus dilakukan pemeriksaan kondisi jaringan komputer terhadap server, dan
komputer lain beserta software aplikasinya, pemeriksaan transmsisi dan
distribusi data dalam sistem pengkabelan jaringan.
Permasalahan dalam jaringan
komputer dapat berupa masalah koneksi data dalam jaringan yang disebabkan oleh
kabel transmisi yang rusak, kerusakan software aplikasi dan yang dapat
disebabkan oleh virus, kerusakan data ataupun hal lainnya.
2. SOLUSI
& LAYANAN .
Pemeliharan sebuah sistem
informasi perusahaan yang merupakan jaringan computer sebagian besar sangat
bergantung kepada ketersediaan sumber daya di bidang teknologi informasi / IT
yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan sistem informasi yang
dimiliki oleh perusahaan.
Sumber daya manusia ataupun
sumber daya lainnya haruslah dapat dihandalkan dan dipercaya mampu memberikan
pelayanan terbaik dalam proses pemeliharaan sistem agar dapat menunjang
kelangsungan proses kerja dalam perusahaan. Adam Jaya IT. Division menawarkan
layanan dan solusi di bidang teknologi informasi dalam menyelesaikan
permasalahan-permasalahan di bidang IT. Semua solusi dan layanan menyeluruh
diberikan secara lokal di lokasi kerja pelanggan atau secara remote melalui
aplikasi terkait.
Adapun Jenis layanan dan solusi yang kami berikan antara
lain:
System Back-Up & Recovery
System Back-Up & Recovery
- Memonitor dan mengatur back-up data dalam jaringan LAN.
- Menjamin kelangsungan sistem jaringan, keamanan data, dan sistem penyimpanan atau dokumentasi data
- Menginstal, mengkonfigurasi, dan memelihara komputer Server, clients, dan perangkat jaringan komputer lainnya seperti, hub-switch, router dan modem internet.
- Menginstal, troubleshooting, dan memperbaiki koneksi yang ada dalam sistem transmisi dan distribusi dalam jaringan kerja local / Local Area Network.
- Mensupport, memonitoring, dan melakukan test terhadap troubleshooting problem hardware dan software yang bersinggungan dengan semua perangkat dalam sistem jaringan komputer.
- Mengatur pemasangan, pemeliharaan, support dan upgrade dari server, desktop / laptop, software dan operating system.
- Menginstal sistem-sistem baru, perlengkapan pendukung, yang berhubungan dengan peningkatan kinerja jaringan komputer.
- Menginstal dan melakukan update secara berkala terhadap aplikasi anti-virus, anti-spyware, dan aplikasi lain yang berfungsi melindungi sistem dan komputer dari kerusakan yang diakibatkan oleh program-program perusak seperti virus dan lainnya.
- Menyediakan dukungan dan konsultasi untuk end-user di lingkungan komputasi desktop atau client.
- Menyediakan dukungan dan konsultasi untuk end-user untuk semua aplikasi-aplikasi berbasis LAN.
- Memberikan pengarahan dan konsultasi kepada user dan operator pengguna komputer, sehingga dapat mengoperasionalkan komputer sesuai dengan prosedur penggunaan yang baik dan benar. Dengan sistem perawatan dan pemeliharaan sebagai berikut:
a. On-Site
Visit Schedule
- Kunjungan dari layanan dan solusi secara berkala dan terjadwal setiap 2 (dua) x kunjungan dalam 1 (satu) bulan dengan waktu selama 7 (tujuh) Jam kerja.
- Tenaga Ahli akan melakukan pemeliharaan dan memberikan layanan secara terstruktur sesuai dengan layanan dan solusi yang kami sebutkan diatas.
- Kunjungan untuk memberikan layanan dan solusi dilakukan pada hari kerja antara hari Senin sampai dengan hari Jumat, atau pada hari Sabtu (jika telah disepakati oleh perusahaan dan CV. Adam Jaya ).
b. On-Call
Service Support
- Memberikan layanan secara on-call melalui telepon selama hari dan jam kerja (Senin – Jumat, mulai pukul 08.30 – 17.00 wib) terkecuali hari libur.
- Memberikan response dan solusi terhadap permasalahan paling lambat 1 (satu) jam setelah permintaan penyelesaian masalah diterima melalui telepon.
- Layanan akan diterima langsung oleh tenaga ahli technical support yang akan memberikan panduan atau solusi untuk melakukan perbaikan terhadap perangkat keras atau software aplikasi pada sistem jaringan agar mempersingkat waktu troubleshooting.
c. Emergency Support
- Layanan dan solusi yang diberikan dalam keadaan darurat, dimana perusahaan pelanggan mempunyai permasalahan dalam sistem IT yang harus diselesaikan oleh tenaga ahli technical support yang harus datang ke lokasi perusahaan diluar jadwal dan waktu layanan “On-Site Visit Schedule”.
- Layanan dan solusi Emergency support diberikan dan dipergunakan maksimal 1 (satu) x dalam 2 (dua) bulan hari kerja atau 6 (enam) kali dalam setahun masa kontrak servis.
- Layanan dan solusi Emergensy Support diberikan langsung dilokasi kerja dengan waktu kerja maskimal 4 (empat) jam dalam 1 (satu) hari panggilan.
- Emergency Support tidak berlaku diluar jam kerja dan hari libur.
3.
KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH .
Dengan melakukan kontrak
pemeliharaan sistem teknologi informasi IT dengan CV. Adam Jaya , maka
perusahaan anda akan memperoleh berbagai keuntungan seperti:
- Perusahaan cukup berkonsentrasi dalam melakukan langkah-langkah strategis untuk memajukan bisnis yang dijalankan dan tidak perlu lagi berfokus pada pemeliharaan dan pengembangan sistem informasinya, karena telah ada pihak yang akan mensupport perusahaan dengan sumber daya dan tenaga yang handal dan berpengalaman dibidangnya serta dapat dipercaya.
- Sumber daya manusia yang disediakan tidak perlu mendapat fasilitas sebanyak layaknya karyawan yang sebenarnya dari perusahaan, seperti asuransi kesehatan, uang transport, uang makan, tunjangan hari raya, dan tunjangan karyawan lain-lain.
- Mendapatkan layanan pemeliharaan sistem dari tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional dengan spesialisasi berbagai macam disiplin ilmu dalam bidang IT.
- Menghemat waktu dan biaya untuk mencari tenaga kerja baru di bidang IT.
- Meningkatkan kinerja karyawan lain dengan tetap focus di bidang pekerjaannya masing masing tanpa perlu memikirkan masalah-masalah operasional dalam penggunaan computer dan jaringan sistem informasi di perusahaan.
- Mendapatkan bantuan konsultasi untuk memecahkan masalah operasional dan global dalam bidang IT yang dihadapai oleh perusahaan dan bantuan dalam pembuatan perencanaan untuk pengembangan sistem informasi dan jaringan komputer lebih lanjut sesuai kebutuhan perusahaan.
4. BIAYA
JASA PELAYANAN .
Biaya dari pelayanan dan
solusi maintenance & service IT. adalah:
·
Jumlah Komputer
dibawah 20 per unit @ Rp 50.000 per bulan,-
·
Jumlah Komputer
21 s/d 35 Rp 1.050.000 per bulan
·
Jumlah Komputer
36 s/d 50 Rp 1.100.000 per bulan
(Harga tersebut diluar pajak)
5.
FORTFOLIO .
CV. Adam Jaya memiliki keahlian dan pengalaman untuk
memberikan layanan dan solusi untuk mendukung teknis pekerjaan pada berbagai
permasalahan dalam perawatan dan perbaikan sistem jaringan komputer dan
berbagai permasalahan di bidang IT lain. Selain itu CV. Adam Jaya berpengalaman
juga dalam pengadaan product-product IT seperti Komputer, Notebook, Printer,
Projektor dll.